Waktu Sholat

Waktu merupakan salah satu dimensi penting dalam kehidupan setiap muslim. Sholat diwajibkan dengan ketentuan waktu yang ditemukan secara tersurat dan tersirat dalam al-Quran dan beberapa Hadist, "Dirikanlah sholat mulai dari tengah hari sampai gelap malam hari, dan bacalah al-Quran pada awal fajar,sesungguhnya membaca al-Quran awal fajar itu disaksikan(para malaikat)"(al-Isra'78). Pertanyaanya, waktu fajar itu jam berapa?

Menurut para astronomer Muslim, waktu, waktu sholat shubuh adalah sejak terbit fajar sebenarnya (true dawn) sampai terbit matahari, dhuhur (noon) sejak matahari melewati meridian setempat sampai bayangan benda sama panjang dengan bendanya, ashar (afternoon) sejak waktu dhuhur habis sampai sunset (ghurub), magrib dari ghurub sampai cahaya senja (twilight) berakhir dan isya dari lenyapnya cahaya senja (twilight) sampai dua pertiga malam. Dengan kriteria itu, waktu ashar, magrib, isya dan subuh dapat seharusnya ditentukan dan dihitung dengan mudah dan tepat dengan metode-metode astronomi.

Semua Muslim sepakat, waktu isya tergantung dari lenyapnya twilight sedang waktu fajar ada 2, fajar palsu (al-fajru Khatib) dan fajar sebenarnya (al-Fajrul Shodiq)