TIME INTTELLEGENCE


Kecerdasan Waktu yang Sering Terabaikan!

      -     Paradigma Waktu Dari Masa ke Masa
-         Renungan tentang waktu
-         Tes-Tes Kecerdasan Waktu
-         Apa yang dimaksud kecerdasan Waktu?
-         Model Kecerdasan Waktu
-         Dampak Kegagalan Mengatur Waktu
-         Kedudukan Time Intellegence di antara kecerdasan waktu lainnya
-         Cara mengelola waktu
-         Upaya meningkatkan kecerdasan waktu induvidual
-         Upaya meningkatkan kecerdasan waktu kelompok
-         Lembar-lembar pengelolaan waktu


Berapa lamakah sebenarnya waktu Anda di dunia?
Rata-rata usia manusia 60 tahun
Digunakan untuk tidur   20 tahun (8 jam/hari=1/3 hari)
Digunakan untuk masa kecil   15 tahun (bayi dan anak-anak tanpa beban dan tanggung jawab)
Digunakan untuk makan/minum/BAK/BAB/mandi/dandan/olahraga,dll 5 tahun (2 jam/hari=43.800 jam/60 tahun)
Waktu Produktif hanya = 20 tahun
(Belum dikurangi melamun, nonton tv, ngerumpi, dugem, dan kegiatan tidak bermanfaat lainnya)

---
“Allah bertanya: “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?”
Mereka menjawab : “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada orang-orang yang menghitung.”
Allah berfirman: “Kamu tidak tinggal (di bumi) melainkan sebentar saja, kalau kamu benar-benar mengetahui.”
(Q.S. Al Mu’minuun ayat 112-114)
---
Sifat waktu :
  1. Sangat singkat
  2. Cepat berlalu
  3. Tidak dapat kembali
---
Indikasi Pengaturan Waktu Yang Buruk :
(lihat lembar lain)
---
Cara Mengelola Waktu :
(Lih.lembar lain)
---
Manfaat Mengatur Waktu :
---
Bagaimana agar komitmen ?
-         Bakar ‘perahu’ Anda
-         Yakini Anda sudah tertinggal
-         Hidupkan ‘alarm’ pikiran Anda
-         Ceritakan keinginan Anda

Inspirasi Kisah Thoriq bin Jiyad
-         Disiplin dan komitmen bagian dari sukses
-         “Bebaskan ekspresimu” ada batasnya
-         Pilihan-pilihan adanya di tataran rencana/persiapan, bukan di tataran aplikasi
-         Perahu adalah simbol hawa nafsu dan kemalasan
  1. Cara kiat-kiat lain untuk disiplin
---
Tes Pengaturan Waktu :

Berilah angka 0=tidak pernah, 2 =kadang-kadang atau 4 =selalu di depan pernyatan-pernyataan ini sesuai dengan gambaran perilaku atau sikap yang biasa Anda lakukan

  1. Tampaknya saya melakukan yang terbaik ketika berada di bawah tekanan.
  2. Saya merasa bersalah kalau mengambil waktu untuk bersantai dan berhenti sebentar dari kesibukan saya.
  3. Saya sering sibuk memikirkan satu hal ketika sedang melakukan hal-hal lain.
  4. Saya sering mempersalahkan banyaknya tekanan dari luar atas kegagalan saya untuk mengatur waktu lebih baik lagi.
  5. Saya terus menerus berpikir bahwa pada suatu hari kelak saya akan dapat melakukan apa yang sungguh ingin saya lakukan.
  6. Saya merasa tidak enak kalau menolak permintaan atau undangan orang lain.
  7. Saya merasa apa yang saya kerjakan saat ini tidak sesuai dengan potensi dan bakat saya.
  8. Setiap hari saya menonton tv lebih dari satu jam.
  9. Saya suka menunda pekerjaan.
  10. Saya suka berbicara dan mengobrol dengan orang lain dengan spontan tanpa agenda dan batas waktu yang jelas.
  11. Saya sering merasa terlalu sibuk dan kekurangan waktu.
  12. Saya mempunyai banyak masalah yang tertunda penyelesaiannya.
  13. Sepertinya produktivitas kerja saya berkurang atau tidak bertambah.
  14. Saya merasa apa yang saya kerjakan saat ini belum efisien.
  15. Saya sering menunda dan bingung dalam mengambil keputusan.
  16. Saya sering merasa bingung tentang tujuan hidup saya.
  17. Saya menyesal mengapa tidak melakukan sesuatu hal sejak dulu.
  18. Saya merasa belum memberikan sesuatu yang bermakna bagi lingkungan saya.
  19. Sebagian besar waktu saya habis untuk mencari uang.
  20. Saya orang yang sering menyia-nyiakan waktu.